08/06/2024   0 comments

Maksimalkan Kualitas Layanan, Ditjen Dukcapil Lakukan Pembinaan Aparatur Disdukcapil se-Kaltara

Jakarta - Ditjen Dukcapil Kemendagri menyelenggarakan program pembinaan khusus bagi aparatur Dinas Dukcapil se-Kalimantan Utara. Acara yang berlangsung secara daring, Kamis (30/5/2024) ini dihadiri oleh jajaran Ditjen Dukcapil dan jajaran Disdukcapil se-Kalimantan Utara yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan pembinaan. Adapun tujuannya meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Dalam sambutannya, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi menekankan pentingnya pembinaan aparatur ini dalam menjawab tantangan pelayanan publik yang semakin kompleks. "ASN Disdukcapil adalah ujung tombak dalam pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Melalui pembinaan ini, kita berharap aparatur dapat meningkatkan kemampuan mereka sehingga pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil dapat lebih optimal," kata Dirjen Teguh.

Dirjen Teguh menambahkan, ada sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan dan mencegah penyimpangan dalam melakukan pelayanan. Perkuat layanan front office dengan staf kompeten, selesaikan keluhan warga, dan buka layanan Adminduk di kantor kecamatan serta akses layanan online hingga desa/kelurahan. 

"Secara online dokumen dikirim via e-mail desa, warga juga bisa mencetak dokumen secara mandiri melalui Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Ini semua langkah untuk perkuat kualitas layanan Dukcapil,” jelas Dirjen Teguh. 

Selain itu, selenggarakan layanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP) dan MPP digital melalui aplikasi. "Ini juga dapat ditingkatkan sebagai solusi," tambah Dirjen Teguh.

Langkah strategis lainnya yang dapat dilakukan, yaitu memperluas layanan Adminduk dengan kerja sama dengan rumah sakit, klinik, puskesmas, dan melalui PKS dengan Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial. 

“Tidak kalah penting dari semua itu, seluruh aparatur Dukcapil wajib menandatangani Fakta Integritas untuk menjaga profesionalisme dan mencegah permasalahan yang dapat merusak citra Dukcapil. Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Dukcapil dalam memberikan pelayanan publik yang prima dan berintegritas,” tegas Dirjen Teguh.

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Utara, Sanusi menjelaskan, dengan pembinaan  ini dapat memperkuat sinergi antara aparatur Disdukcapil di seluruh wilayah Kalimantan Utara. "Dengan adanya forum diskusi dan berbagi pengalaman, kita dapat menemukan solusi bersama untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik di bidang kependudukan dan pencatatan sipil," ujarnya.

Direktur Bina Aparatur Dukcapil, Andi Kriarmoni menambahkan, dengan semangat dan komitmen yang tinggi seperti arahan Dirjen Dukcapil, diharapkan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan pelayanan publik di Kalimantan Utara, khususnya dalam urusan kependudukan dan pencatatan sipil. 

"Masyarakat pun menantikan perubahan positif yang akan dibawa oleh aparatur yang lebih profesional dan siap menghadapi tantangan zaman," kata Direktur Bintur Andi Kriarmoni. Dukcapil***