10/08/2023   0 comments

Rayakan Hari UMKM Nasional, Ini Kisah Ibu Pengrajin Lokal yang Tembus Pasar Ekspor Bersama Shopee

TRIBUNNEWS.COM - Merayakan Hari UMKM Nasional pada tahun ini, kita kembali diajak untuk menengok dan mengapresiasi perjuangan UMKM lokal yang telah menjadi penggerak perekonomian lokal. Apalagi, dengan perkembangan teknologi yang kini membuat siapa saja tak perlu harus datang ke kota besar untuk mendapatkan penghasilan. 

Seperti yang dilakukan oleh UMKM Dinova Store asal Dusun Panggungploso di Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Produksi aksesoris buatan tangan untuk perempuan ini tidak hanya meraup keuntungan 250 juta per bulan dan ekspor ke beberapa negara, tetapi juga memampukannya untuk memberdayakan perempuan desa di daerahnya. 

Pemilik usaha kerajinan tangan Dinova Store, Sri Wigatiningsih mengatakan bahwa banyak perempuan desa yang merupakan warga asli daerah tempat tinggalnya memilih untuk tidak bekerja karena harus tetap berada di rumah untuk menjaga anak-anak dan mengurus rumah tangga. Sementara, banyak dari mereka yang mengeluhkan kondisi ekonomi.