Pakar Perumahsakitan UNHAS memberi Pembekalan Lean Management Kepada Jajaran Manajemen RSUKT

2-08-2023

Tarakan, 29 Mei 2023, Bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 RSUKT diadakan pembekalan kepada staf manajemen terkait Penerapan Lean Management di Rumah Sakit oleh Dr. Syahrir A. Pasiringi MS  yang dihadiri oleh Pejabat Struktural, Ketua Komite dan  Kepala Instalasi dilingkungan Rumah Sakit Kota Tarakan.

 Lean manajemen merupakan konsep bahwa untuk meningkatkan mutu serta mengendalikan biaya dimana semua perhatian diarahkan pada proses (bisnis proses). tidak harus melalui penambahan teknologi/alat yang tidak memberi nilai tambah atau penambahan staf  yang akan membebani biaya jangka panjang bahkan  mengurangi kesejahteraan. Ditambahkan bahwa Lean Management merupakan pendekatan strategi bahkan filosofis dengan dua prinsip utama, mengeliminasi kegiatan tanpa nilai manfaat (elimination of waste) dan menghargai Pegawai (Respect to People).

Dr. Syahrir A. Pasiringi MS yang lebih akrab dipanggil Pak Cali merupakan anggota Dewan Pengawas RSUKT yang berasal dari unsur akademisi yang memiliki kepakaran bidang perumah sakitan, akademisi Prodi FKM  Adminstrasi Rumah Sakit Universitas Hasanudin, Makassar.

(Humas RSU Kota Tarakan)